Bahaya Kista Bartholin Pada Pasutri dan Pada Ibu Hamil

Bagi anda yang mengalami benjolan pada bibir vagina sebelah kanan atau kiri yang ternyata itu adalah kista bartholin. Bagi yang sudah menikah apakah berbahaya bagi penderita kista bartholin melakukan hubungan intim?

Pada umumnya benjolan pada bagian dinding vagina bisa diakibatkan oleh kista bartholin, abses, dan tumor.

Kista bartholin adalah kasus yang sering terjadi. Dimana kista yang satu ini terjadi akibat tersumbatnya muara kelenjar bartholin pada tepi vagina. Hal ini bisa berulang, dan disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya yaitu :

  • Kelembaban yang tinggi pada daerah vagina
  • Kurang bersihnya daerah vagina
  • Infeksi
  • Perubahan hormonal

Cara menyembuhkan kista bartholin ini bisa diberikan

  • Sitz bath, merendam kista dengan air hangat
  • Antibiotik dan analgetik (pereda sakit)
  • Insisi (marsupialisasi), kista dipecahkan
  • Obat kista bartholin

Apabila benjolan tidak mengganggu kualitas hubungan seksual maka tidak menjadi masalah, akan tetapi sebaliknya apabila benjolan tersebut adalah kista yang disebabkan oleh penyakit menular seksual seperti gonorea, maka akan terjadi penularan penyakit terhadap pasangan.

Sangat disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter umum atau dokter spesialis kebidanan sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan merencanakan tindak lanjut berikutnya.

Berbahayakah kista bartholin ini pada orang hamil, dan bisakah melahirkan secara normal?

Proses kehamilan dan melahirkan dengan adanya kista bartholin tidak menjadi suatu hal yang berbahaya. Akan tetapi apabila pada kista bernanah, dan menyebabkan rasa nyeri yang hebar, disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter spesialis kebidanan.

Hal yang harus dipertimbangkan apabila dilakukan tindakan pengangkatan kista pada saat kehamilan terjadi peningkatkan aliran darah pada daerah tersebut yang ditakutkan mengakibatkan pendarahan maupun infeksi.

Pertimbangan untuk didiamkan dulu sampai selesai proses persalinan atau dilakukan tindakan pengangkatan saat kehamilan membutuhkan penilaian secara langsung oleh dokter yang mengangani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *